Mengetahui shortcut keyboard Mac benar-benar akan membantu menghemat waktu Anda. Tentu langkah ini akan lebih mudah. Anda bisa menekan dua atau tiga tombol secara bersamaan untuk menuju ke menu yang diinginkan. Untuk Anda yang sering mengoperasikan MacPro, ini akan sangat bermanfaat.

Namun, mengetahui kombinasi tombol ini membutuhkan ingatan memori yang kuat. Selain itu, dibutuhkan juga koordinasi yang baik antara jari-jari tangan Anda. Selain mengetahui ‘rumus’ tentang perbaduan tombol, sebaiknya Anda juga melakukan banyak praktik. Hanya mengingatnya saja pasti akan menyulitkan.

Lain halnya jika Anda sering praktik dengan menggunakan keyboard ini. Lama-kelamaan Anda tak hanya akan menghapal, namun juga mengerti. Oleh karena itu mulai segalanya dengan mengetahui perpaduan kunci dan shortcut keyboard Mac. Di bawah informasinya, terutama untuk tombol ALT.

Tombol ALT pada Keyboard Mac

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan tombol ALT, bukan? Tombol ini bisa ditemukan di antara tombol control dan tombol perintah. Ikon dari tombol ALT lebih seperti sebuah kemiringan dengan garis di atasnya. Anda akan dengan mudah menemukannya pada keyboard Mac. Cari tahu dulu tentang gambarnya jika memang sulit untuk menemukan.

Sejauh ini, tombol option/alt mungkin opsi pertama yang Anda dengar. Hal ini terutama untuk mengikuti sebuah tutorial dan memperbaiki sesuatu pada Mac Anda. Kemudian, ALT/Option juga merupakan sebuah kunci yang dipilih untuk menampilkan partisi boot. Boot ini sering kali muncul ketika Anda akan menghidupkan komputer.

Lebih lanjut tentang shortcut keyboard Mac, biasanya Anda juga akan menekan tombol ALT/Option untuk mengetik beberapa karakter. Selain fungsi diatas, ada beberapa perbaduan tombol ALT yang lainnya. Misalnya saja “ALT-Delete” yang dapat digunakan untuk menghapus semua kata di bagian kiri kursor.

Kemudian, pilihan “ALT – Panah kiri” yang bisa digunakan untuk memindahkan kursor ke awal atau kata sebelumnya. Jika Anda ingin memberikan highlight pada text, maka tambah dengan menekah tombol shift. Sebaliknya, kombinasi tombol ALT – Panah kanan akan membawa kursor ke akhir kata selanjutnya.

Memahami Tombol Perintah

Jika Anda merasa perpaduan di atas terlalu sulit, maka shortcut keyboard Mac menggunakan tombol perintah akan lebih sulit lagi. Command Key atau cmd memang sering membuat banyak pengguna Mac merasa kebingungan. Banyak pengguna Mac lama menghubungkannya dengan kunci atau tombol pada Apple.

Hal ini wajar karena dulu terdapat gambar Apple pada tombol perintah ini. Namun, kini symbol Apple ini tak lagi diletakkan di sana. Namun, symbol ini diganti dengan bunga 4 kelopak atau persegi berlekuk.

Desain ini dibuat oleh Susan Kare untuk iMac original. Simbol ini dibuat bukan tanpa dasar tertentu. Ternyata symbol ini merujuk pada bangsa Skandinavia. Lebih tepatnya adalah untuk tempat yang membuat mereka tertarik. Di PC, command key memiliki fungsi yang sama dengan Control key.

Di Mac, Anda menggunakan Command key, bukan Control key. Ada beberapa kombinasi tombol yang bisa memudahkan Anda melakukan perintah. Misalnya saja Command-Q yang berarti quit. Ini artinya Anda bisa keluar dari sebuah menu.

Kemudian, ada pula command-W yang memiliki arti untuk menutup windows terbuka. Lalu, ada pula command-N untuk membuka sebuah dokumen baru. Kemudian, command–A untuk memilih semua karakter yang ada.

Sekilas memang tombol atau kunci command ini sama dengan CTRL pada PC. Ini artinya, Anda yang sering menggunakan PC mungkin akan lebih cepat menguasainya. Di lain sisi, masih ada kombinasi lain yang bisa dipelajari. Misalnya shortcut keyboard Mac yang memadukan 3 tombol sekaligus untuk sebuah perintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TENTANG MACEXPERT.ID

MACEXPERT.ID adalah Perusahaan Retail dan Servis Komputer yang Berfokus di salah satu Brand yaitu Apple, Berdiri sejak tahun 2010 Macnesia hadir untuk menemani dan membantu anda para pecinta produk Apple Mac di Indonesia dalam Mencari Informasi Produk maupun Trouble Shooting Tentang Mac.

Mall Ambasador Jakarta

Mall Ambasador L.2 No.49 Jakarta Selatan 10270.

0817 4000 26

support@macexpert.co.id

Jam Operasional
Senin - Sabtu 11:00 - 19:00 WIB

Senayan Trade Center

SENAYAN TRADE CENTER Lantai 1 No.111-112 Jakarta Pusat 10270.

0818 8505 09

support@macexpert.co.id

Jam Operasional
Senin - Sabtu 11:00 - 19:00 WIB
error: Content is protected !!