Banyak dari Anda mungkin penasaran dengan cara update SSD di MacPro. Sebenarnya, langkahnya tak terlalu sulit. Seperti yang Anda ketahui bahwa pada tanggal 15 Juni 2020 yang lalu, Apple membuat sebuah SSD baru untuk Macpro mereka. SSD ini akan memungkinkan pelanggan mendapatkan storage lebih.

Jumlah storage atau penyimpanan ini lebih besar dibandingkan penyimpanan asli dari pabrik. Langkah untuk menggunakan SSD ini sebenarnya tidak berbeda dengan ketika Anda menginstall RAM. Namun, tetap saja ada beberapa langkah yang memang berbeda. Sebagai contoh Anda harus menghapus firmware.

Ini merupakan firmware di chip T2. Kemudian, reload setelahnya. Perlu Anda ketahui bahwa MacPro adalah satu-satunya Mac yang memiliki SSD yang dapat diganti. Bahkan Anda bisa menggunakan dua modul di waktu bersamaan. Di bawah ini adalah informasi tentang update SSD di MacPro Anda.

Tampilan dari  SSD Macpro

Ketika pertama Anda melihat SSD ini, maka kesan yang muncul adalah sama dengan modul memori konvensional pada umumnya. Namun, memang Anda hanya bisa menggunakan modul spesial yang dibuat oleh Apple. Harga untuk memori ini sekitar $600 untuk model 1 TB. Cukup mahal, bukan?

Sebaiknya Anda memilih yang tepat sebelum mulai update SSD di MacPro. Tentu harga memory yang paling mahal adalah untuk dua ukuran 4 TB (total 8TB). Untuk versi ini, Anda harus mempersiapkan uang sebanyak $2800. Namun, biasanya ada beberapa diskon untuk pembelian SSD ini.

Jika Anda ingin menginstall SSD untuk MacPro, caranya mudah. Anda membutuhkan obeng T8 yang sudah termasuk ketika Anda membeli modul SSD. Tingkat Kesulitannya pun sebenarnya sama dengan ketika Anda mengganti memory di sebuah MacPro yang lebih tua. Namun, Anda tetap harus menghapus firm ware nya.

Cara Mengupdate, Mulai dengan Membuka Casing

Pertama-tama Anda harus membuka casing dan menempatkan Macpro dengan posisi miring. Posisi ini akan membuat Anda bisa menekan pembungkus SSD. Inilah langkah awal untuk update SSD di MacPro. Sangat penting juga untuk mengetahui segala panduan dari Apple, termasuk untuk bagian ini.

Apple memperingatkan bahwa komponen dalam dapat saja memiliki suhu yang panas. Oleh karena itu, setelah Anda membuka casing MacPro, sebaiknya diamkan 5-10 menit. Jika tidak, Anda bisa mendiamkannya setelah mematikan MacPro. SSD biasanya ditempelkan dengan dua baut T8.

Baut inilah yang bisa dilepaskan dengan obeng yang sudah tersedia. Jika Anda sudah memasang SSD, maka disarankan untuk menghapus dan memulihkan firmware. Mac yang kedua akan membutuhkan installasi. Anda harus melakukannya untuk menghapus firmware pada chip T2 dan kemudian melakukan reload.

Jika tidak, maka SSD yang baru tak akan bisa digunakan. Hal ini karena SSD tersebut dienkripsi dan dikontrol oleh chip T2. Mac kedua ini biasanya terhubung dengan MacPro menggunakan kabel USB-C. MacOs dengan tipe 10.14.6, dst dan konfigurasi Apple dari versi 2.12 butuh untuk diinstal pada Mac kedua.

Langkah Lanjutan Update SSD di MacPro

Jika Anda sudah memulai Apple Configurator Tool, maka akan terlihat MacPro di bagian windows utama. Selanjutnya, pilih menu ‘restore’ dan mulai prosesnya. Ketika proses update sudah lengkap, maka Mac akan restart otomatis dan Anda bisa menggunakan SSD dengan sebagaimana mestinya. Adakah cara yang lebih mudah?

Menurut beberapa sumber, ada cara yang dianggap lebih mudah. Misalnya saja dengan menggunakan Promise atau Sonnet. Dengan langkah ini Anda tak perlu update chip T2. Namun, memang belum banyak yang mempraktikkannya. Oleh karena itu, update SSD di Mac Pro secara manual lebih direkomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TENTANG MACEXPERT.ID

MACEXPERT.ID adalah Perusahaan Retail dan Servis Komputer yang Berfokus di salah satu Brand yaitu Apple, Berdiri sejak tahun 2010 Macnesia hadir untuk menemani dan membantu anda para pecinta produk Apple Mac di Indonesia dalam Mencari Informasi Produk maupun Trouble Shooting Tentang Mac.

Mall Ambasador Jakarta

Mall Ambasador L.2 No.49 Jakarta Selatan 10270.

0817 4000 26

support@macexpert.co.id

Jam Operasional
Senin - Sabtu 11:00 - 19:00 WIB

Senayan Trade Center

SENAYAN TRADE CENTER Lantai 1 No.111-112 Jakarta Pusat 10270.

0818 8505 09

support@macexpert.co.id

Jam Operasional
Senin - Sabtu 11:00 - 19:00 WIB
error: Content is protected !!