Terkadang mungkin Anda merasa perlu untuk meningkatkan daya baterai Macbook. Hal ini terutama jika memang daya baterai pada Macbook sering kali cepat habis ketika digunakan. Hal ini bisa mengganggu. Namun, Anda juga harus tahu berapa lama waktu normal daya tahan baterai berdasarkan versi Mac.

Misalnya saja Macboook Air yang memiliki ketahanan sekitar 12-13 jam. Kemudian Macbook Pro 15 Inchi yang memiliki ketahanan baterai selama 10 jam. Di lain sisi, Macbook Pro dengan ukuran 16 Inchi memiliki daya tahan baterai hingga 11 jam lamanya. Jadi, kebanyakan memang berbeda daya tahannya.

Jika memang daya baterai Macbook Anda terasa tidak normal, maka meningkatkan daya baterai Macbook adalah hal wajib. Apakah Anda harus membawanya ke orang yang ahli? Sebenarnya tidak harus. Ketahui dulu beberapa tipsnya di bawah ini. Jika Anda bisa melakukannya sendiri, maka akan lebih baik.

Cari Tahu Apa yang paling Banyak Menghabiskan Baterai

Hal pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan daya baterai Macbook adalah berhenti menggunakan aplikasi apa pun yang haus daya. Apple memperkenalkan fitur praktis di OS X 10.9 Mavericks. Fitur ini memilik kemampuan untuk melihat aplikasi apa yang menggunakan baterai Anda. Tentu ini akan sangat berguna untuk baterai.

Selama menjalankan Mavericks, atau versi MacOS yang lebih baru, Anda dapat melihat daftar aplikasi yang menggunakan energi signifikan dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Klik ikon baterai di bilah menu (di sebelah jam). Lihat di bagian bawah untuk melihat penyebabnya atau aplikasi yang menghabiskan baterai.

Jika tidak ada aplikasi yang menggunakan energi signifikan, Anda akan melihat pesan ‘Tidak Ada Aplikasi Menggunakan Energi Signifikan’. Itu tidak selalu berarti bahwa ada sesuatu yang salah dengan aplikasi. Hanya saja aplikasi hanya menggunakan sedikit daya baterai. Jika ingin, Anda bisa me-restart aplikasi guna memperbaiki masalah.

Menggunakan Mode Gelap

Cara meningkatkan daya baterai Macbook selanjutnya adalah dengan menggunakan dark mode atau model gelap. Aktifkan Mode Gelap karena membutuhkan lebih sedikit baterai untuk menampilkan piksel hitam daripada piksel putih. Biasanya, fitur ini tersedia untuk Macbook Mojave dan Catalina. Bagaimana jika itu bukan versi Anda?

Jika Anda tidak memiliki Mojave (yang memperkenalkan Mode Gelap) atau Catalina (yang meningkatkannya), ada cara lain. Anda bisa Membalikkan Warna untuk menghemat masa pakai baterai. Untuk mengaktifkan Mode Gelap di Mojave atau Catalina ikuti langkah-langkah ini. Buka System Preferences, Klik Umum, dan pilih menu dark/Gelap.

Untuk Membalikkan Warna, ikuti langkah-langkah ini. Buka System Preferences. Lalu klik pada Aksesibilitas. Klik Tampilan dan centang kotak di sebelah Balikkan warna (invert the colors). Jika Anda masih belum terlalu paham, sebaiknya cari banyak referensi terlebih dahulu tentang mode gelap untuk Macbook.

Lakukan Pengecekan Apakah Macbook Anda Termasuk yang Ditarik dari Pasar

Periksa apakah MacBook Anda sedang ditarik. Langkah ini juga penting untuk meningkatkan daya baterai Macbook. Mungkin ada masalah mendasar dengan baterai Anda. Misalnya, Apple mengumumkan penarikan kembali model MacBook Pro yang dibeli antara September 2015 dan Februari 2017 (Retina, 15-inci, Pertengahan 2015).
Hal ini dilakukan karena masalah di mana baterai bisa menjadi terlalu panas pada model-model itu. Dalam siaran pers perusahaan menyatakan beberapa hal. Salah satunya adalah karena keamanan pelanggan adalah prioritas utama, Apple meminta pelanggan untuk berhenti menggunakan unit MacBook Pro 15 inci yang terpengaruh.
Untuk mengetahui apakah laptop Anda terpengaruh, kunjungi situs web Apple. Cari tahu apakah macbook Anda memenuhi syarat penggantian baterai. Masukkan nomor seri komputer Anda pada halaman program. Jika iya, maka Anda bisa menukar dengan gratis. Cara meningkatkan daya baterai Macbook ini secara tak langsung akan membantu.
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TENTANG MACEXPERT.ID

MACEXPERT.ID adalah Perusahaan Retail dan Servis Komputer yang Berfokus di salah satu Brand yaitu Apple, Berdiri sejak tahun 2010 Macnesia hadir untuk menemani dan membantu anda para pecinta produk Apple Mac di Indonesia dalam Mencari Informasi Produk maupun Trouble Shooting Tentang Mac.

Mall Ambasador Jakarta

Mall Ambasador L.2 No.49 Jakarta Selatan 10270.

0817 4000 26

support@macexpert.co.id

Jam Operasional
Senin - Sabtu 11:00 - 19:00 WIB

Senayan Trade Center

SENAYAN TRADE CENTER Lantai 1 No.111-112 Jakarta Pusat 10270.

0818 8505 09

support@macexpert.co.id

Jam Operasional
Senin - Sabtu 11:00 - 19:00 WIB
error: Content is protected !!