Mempercepat-Mac-yang-Lambat-dengan-Aman-dan-Mudah

Tips Mempercepat Mac yang Lambat dengan Aman dan Mudah

Mungkin sekarang ini Anda sedang mencari tips mempercepat Mac karena memiliki performa yang lamban. Hal ini sering kali dialami, terutama oleh mereka yang memiliki Mac sejak beberapa tahun yang lalu. Bahkan, ada yang tergiur membeli Mac baru karena ingin merasakan performa yang lebih cepat.

Sebenarnya, Anda tidak harus membeli Mac baru jika memang Mac lama belum rusak. Untuk urusan kecepatan dalam performa, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Dapat dikatakan bahwa Anda membutuhkan setidaknya 10% dari total penyimpanan. Ini akan membuat Mac Anda bisa berjalan dengan cepat.

Kunci dari tips mempercepat Mac ini adalah Anda harus mengetahui bagaimana membebaskan beberapa penyimpanan tersebut. Selain itu, juga ada beberapa hal lain yang sebaiknya tetap Anda lakukan. Tips ini sangat aman dan wajib untuk Anda coba. Di bawah ini adalah informasinya secara lebih lanjut.

Tutup Aplikasi yang Tidak Penting

Mungkin hal ini terdengar aneh, namun Anda harus menutup beberapa aplikasi yang tak penting. Program yang tak Anda gunakan ini bisa saja memakan memory dan ruang CPU pada Mac. Ada beberapa langkah mudah untuk menutup aplikasi.

Tips mempercepat Mac yang paling cepat adalah melalui menu yang ada di bawah layar. Program yang sedang berjalan akan memiliki titik di bawahnya. Jika Anda tidak dapat melihat titik ini, buka System Preferences dan klik Dock.

Kemudian, pastikan ada centang di sebelah pilihan ‘Tampilkan lampu indikator untuk aplikasi yang terbuka’. Langkah lain adalah dengan menggunakan tombol Cmd + Tab. Langkah ini sering dilakukan untuk membuka App Switcher dan membuka tab untuk melihat aplikasi mana yang terbuka

Caranya dengan tahan tombol Cmd dan tab through. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar dapat mematikan aplikasi ini. Klik kanan (atau Ctrl-klik) pada ikon di Dock. Kemudian, pilih menu Quit.

Gunakan Monitor Aktivitas atau Activity Monitor
Jika Anda ingin melihat aplikasi mana yang menggunakan sumber daya sistem Anda, buka Activity Monitor di folder Utilities. Atau tekan Cmd-space bar dan ketik 'activity' dan enter. Monitor ini bermanfaat untuk menunjukkan seluruh proses di Mac. Tips mempercepat Mac ini sering digunakan oleh pengguna.
Kembali ke Activity Monitor, klik tombol CPU dan kolom "% CPU". Hal ini berguna untuk melihat daftar semua program dengan jumlah CPU yang mereka gunakan. Anda juga dapat menggunakan ini untuk melihat berbagai proses yang menggunakan Memori, Disk, dan Jaringan pada Mac
Jika Anda melihat bahwa satu aplikasi secara khusus melahap banyak daya CPU maka tutup saja. Anda bisa memilih aplikasi dengan mouse dan mengklik x di sudut kiri Monitor Aktivitas. Perhatikan, aplikasi yang menggunakan daya paling besar. Bisa saja karena pembaruan yang membuatnya bekerja lebih efisien.
Pindahkan Foto Anda untuk Membebaskan Beberapa Space
Jika Anda memiliki Foto iCloud, ini berarti bahwa banyak ruang yang digunakan di Mac oleh foto yang disimpan di iCloud foto. Sebagai tips mempercepat Mac selanjutnya, akan lebih baik jika Anda mematikan sinkronisasi iCloud Photos di Mac Anda. Opsi lain tentu adalah memilih aplikasi berbeda yang ada.
Sebagai contoh adalah DropBox atau Google Drive misalnya. Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan layanan cloud, ide yang lebih baik adalah mengatur perangkat penyimpanan terpisah. Kemudian, pindahkan foto yang saat ini tersimpan di Mac Anda di sana untuk membebaskan beberapa space.
Cara melakukannya sangat mudah yakni dengan salin Perpustakaan Foto dengan menyeretnya dari volume startup ke volume eksternal.Kemudian, tahan tombol Alt/Option dan luncurkan Foto. Di Foto, pilih Foto> Preferensi. Pada tab Umum, klik Gunakan sebagai Pustaka Foto Sis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TENTANG MACEXPERT.ID

MACEXPERT.ID adalah Perusahaan Retail dan Servis Komputer yang Berfokus di salah satu Brand yaitu Apple, Berdiri sejak tahun 2010 Macnesia hadir untuk menemani dan membantu anda para pecinta produk Apple Mac di Indonesia dalam Mencari Informasi Produk maupun Trouble Shooting Tentang Mac.

Mall Ambasador Jakarta

Mall Ambasador L.2 No.49 Jakarta Selatan 10270.

0817 4000 26

support@macexpert.co.id

Jam Operasional
Senin - Sabtu 11:00 - 19:00 WIB

Senayan Trade Center

SENAYAN TRADE CENTER Lantai 1 No.111-112 Jakarta Pusat 10270.

0818 8505 09

support@macexpert.co.id

Jam Operasional
Senin - Sabtu 11:00 - 19:00 WIB
error: Content is protected !!